Selasa, 04 Desember 2012


Hormon dan Enzim

1.      Perbedaan hormon dan enzim :
a.       Hormon
·         Dihasilkan di organ lain (tidak di tempat dia bekerja)
·         disekresikan langsung ke pembuluh darah
·         dapat berupa senyawa protein, polipeptida , asamamino, atau steroid
b.      Enzim
·         enzim dihasilkan oleh organ tempat ia bekerja
·         tidak langsung ke pembuluh darahdapat berupa
·         hanya berupa senyawa protein saja
Ditinjau dr substansi pembentuknya enzim tersusun hanya dr protein, hormon bisa dibentuk oleh protein, asam amino, dan lipid.dari segi kerjanya, hormon bekerja di organ lain, tdak pada kelenjar pembentuknya sehingga ia harus melewati darah untuk mencapai sel target. Sementara, enzim bekerja di sel pembentuknya. Tidak ditemukan dalam darah. Sebab, jika demikian berarti patologis yang menunjukkan adanya kelainan pada sel sehingga menyebabkan enzim keluar dari sel masuk ke serum darah yang bukan tempatnya.

2.      Perbedaan enzim katalase dan peroksidasi
a)      Katalase
Katalase sebagai salah satu antioksidan endogen merupakan senyawa yang hemotetramer dengan Fe sebagai kofaktor disandi oleh gen kromosom 11; mutasi pada gen ini dapat menyebabkan akatalasemia. Katalase adalah suatu hemoprotein yang mengandung empat gugus heme yang dapat ditemukan pada hewan maupun tumbuhan. Pada umumnya katalase terdapat pada sebagian besar organisme. Banyak organisme mempunyai katalase lebih dari satu. Suatu penelitian telah mengungkapkan bahwa ada hubungan antara diferensiasi sel dengan katalase.
b)      Peroksidasi
Peroksidase adalah kelas enzim golongan oksireduktase yang mengkatalis oksidasi substrat organik dengan H2O2 dan mereduksinya menjadi H2O. Peroksidase merupakan protein heme yang terdapat pada organisme prokariotik dan eukariotik.

3.      Perbedaan sekresi dan ekskresi
a)      Sekresi adalah proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir (en:soft liquid mud) yang dilakukan oleh sel tubuh dan kelenjar. Substansi kimiawi pada sekresi mempunyai kegunaan tertentu sebelum akhirnya terbuang melalui ekskresi.
b)      Ekskresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lainnya. Ekskresi merupakan proses yang ada pada semua bentuk kehidupan. Pada organisme bersel satu, produk buangan dikeluarkan secara langsung melalui permukaan sel. Organisme multiselular memiliki proses ekskresi yang lebih kompleks.

4.      Jaringan → organ → sistem → individu
·         Jaringan yaitu kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai bentuk, susunan dan fungsi yang sama disebut dengan jaringan, kumpulan sel ini bekerja sama menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya. Contoh: jaringan saraf yang berfungsi menyampaikan dan menanggapi rangsang dari reseptor ke effektor.
·         Organ yaitu organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan yang berbeda dan menjalankan fungsi yang sama. Contoh: organ kulit terbentuk oleh beberapa jaringan yang berbeda seperti jaringan Epitel, jaringan Otot, jaringan Darah dan jaringan Saraf. Keseluruhan jaringan tersebut bekerja sama menjalankan fungsinya seperti melindungi tubuh.
·         Sistem organ yaitu Kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerjasama untuk melakukan fungsi tertentu. Contohnya, sistem peredaran darah manusia, yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah, berfungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh.
·         Individu yaitu Individu merupakan organisme tunggal yang tersusun oleh kumpulan sistem organ. Adanya berbagai sistem organ yang fungsinya berbeda membuat suatu individu dapat melakukan hidupnya dengan baik.

5.      Proses sintesis protein
Sintesis protein merupakan proses terbentuknya protein yang terdiri dari 2 tahap yaitu tahap transkripsi dan tahap translasi. Tahap transkripsi adalah tahap dimana pada saat pembentukan mRNA di dalam nukleus dari DNA template dengan dibantu oleh enzim polimerase. Tahap translasi adalah tahap dimana mRNA keluar dari inti sel dan bertemu dengan tRNA lalu dibantu oleh Ribosom yang terdiri dari sub unit besar dan sub unit kecil. Sekarang kita akan membahas satu persatu proses luar biasa itu yang ada didalam setiap sel tubuh kita.
1)      Proses Transkripsi
Pada tahap ini terjadi di dalam nukleus.DNA double heliks yang terdiri dari 2 sisi, misal yang sisi bawah adalah DNA sense (pencetak/cetakan) sedangkan sisi atas adalah DNA non sense (bukan cetakan). Pertama, enzim polimerase akan masuk diantara double heliks dan menempel pada sisi DNA sense. Enzim polimerase akan mencetak/ mengkopi kode genetik DNA seperti yang ada pada DNA non sense dengan jalan DNA sense sebagai cetakan. Proses pencetakan ini dimulai dari start kodon pada mRNA yaitu AUG lalu proses pengkopian ini berakhir pada stop kodon yaitu UAG, UAA,atau UGA. Proses transkripsi selesai lalu mRNA keluar dari nukleus.
2)      Proses Translasi
Setelah mRNA keluar dari nukleus ke sitoplasma yang membawa kode genetik akan menempel pada ribosom sub unit kecil. Setelah itu tRNA yang tersebar di sitoplasma akan menghampiri mRNA dengan membawa pasangan yang sesuai dengan kode genetik mRNA. setelah itu ribosom sub unit besar akan menghampiri ribosom sub unit kecil sehingga tRNA berada pada site P lalu pada site A akan ada tRNA lain yang membawa kode genetik yang sesuai dengan mRNA sehingga berjajaran. Setelah itu asam amino yang dibawa oleh masing-masing tRNA akan berikatan membentuk rantai polipeptida dan begitu terus menerus tRNA di site A bergeser ke site P dan datang lagi tRNA lain di site A asam amino berikatan lagi hingga ujung mRNA maka selesailah proses tanslasi sehingga terbentuk asam amino atau polipeptida.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar